Sabtu, 09 Juli 2016

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Di Perbarui



                                                                BAB 1
                                                             PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
  Sumber Daya Alam (SDA) adalah potensi sumber daya yang terkandung dalam bumi (tanah), air dan dirgantara yangg dapat didaya gunakan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan manusia. Jenis SDA dapat dibagi menjadi dua yaitu SDA yang dapat di perbaharui dan SDA yang tidak dapat di perbaharui.
1. SDA yang dapat di perbaharui meliputi air, tanah, tumbbuhan, dan hewan. SDA ini harus dijaga kelestariannya agar tidak merusak keseimbangan ekosistem.
2. SDA yang tidak dapat di  perbaharui contohnya barang tambang yang ada di dala perut bumi seperti minyak bumi, batu bara, timah dan nikel. Kita harus menggunakan SDA ini seefisien mungkin. Sebab seperti batubara, baru akan erbentuk kembali setelah jutaan tahun kemudian. 
  SDA juga dapat dibagi menjadi dua yaitu SDA Hayati dan SDA Non Hayati 
1. SDA Hayati adalah SDA yang berasal dari mahluk hidup(biotik) seperti hasil pertanian, perkebunan, pertambakan, dan perikanan. Sumberdaya hayati adalah salah satu sumber daya yang dapat pulih atau terbarukan(renewable resources) yang terdiri atas flora dan fauna. Sumber daya hayati secara harfiah dapat diartikan sebagai suberdaya yang mempunyai kehidupan dan dapat mengalami kematian. Jenis-jenis sumber daya hayati diantaranya adalah pohon, ikan, rumput laut, plankton, zooplankton, fitoplankton, harimau, semut, cacing, lamun, dan sebagainya.
2. SDA Non-Hayati adalah SDA yang berasal dari mahluk tak hidup(abiotik). Seperti: air, tanah, barang-barang tambang. 
   Tujuan akhir pengelolaan sumber daya alam adalah kesejahteraan masyarakat (social walfare)  dengan tujuan antaralain seperti sumber devinisa, pemenuhan kebutuhan manusia,pelestarian lingkungan, pembangunan daerah, dan pemerataan untuk keperuan tersebut informasi mengenai ketidakpastian dalam pengambilan sumber daya alam, ketidak stabilan di pasar sumber daya alam, ketidak pastian dan efesiensi, kegiatan eksplorasi, distribusi dan keadilan yang sangat diperlukan.
B. Rumusan Masalah
    Berdasaran pada uraian latar belakang di atas maka rumusan masalah makalah ini adalah sebagai berikut :
   1. Apakah yang dimaksud dengan SDA?
   2. Apakah yang dimaksud dengan sumber daya    alam yang tidak dapat di perbarui?
C.Tujuan
  Adapun tujuan ini berdasarkan rumusan masalah di atas adalah:
   1. Mengetaui Pengertian SDA?
   2. Mengetaui Pengertian SDA yang Tak Dapat       Diperbaharui?

                             
                                      
                                                                     BAB II
                                                              PEMBAHASAN

A. Pengertian Sumber Daya Alam
     Sumber Daya Alam adalah
keseluruhan kekayaan- alam yang ada di- dalam perut dan di- permukaan bumi. Sumber daya alam- meliputi salah satu- sumber daya alam- yang tidak dapat- diperbaharui. Manusia harus dapat mengelola dan meman faatkan secara efesien agar kesediananya maksimal, sedangkan sumber daya manusia adalah sumberdaya faktor produksi berupa tenaga kerja dan kewirausahaan yang berperan dalam proses produksi, agar menghasilkan produk bermutu, proses produksi perlu didukung sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi.
   Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusi pada umumnya. Sumberdaya mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, tetapi sayangnya keberaannya tidak tersebar merata beberapa negara seperti Indonesia, Brazil, Kongo, Sierra Leone, Maroko, dan berbagai negara di Timur Tengah memiliki kekayaan alam hayati atau nonhayati yang sangat berlimpah. Sebagai contoh, negara di kawasan Timur Tengah memiliki persediaan gas sebesar sepertiga dari yang ada di bumi. Akan tetapi, kekayaan sumber daya alam ini sering kali tidak sejalan dengan perkembangan di negera-negara tersebut. Sumber daya manusia adalah sumber potensi yang merupakan asset dan berfungsi sebagai modal dalam organisasi bisnis, yang dapat diwujudkan menjadi potensi nyata(real) secara fisik dan non fisik dalammewujudkan eksistensi organisasi.
B. Pengertian Sumber Daya Alam yang Tak Dapat Diperbaharui
 Sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui adalah semua kekuatan alam yang jika sudah habis akan sulit diadakan kembali. Contoh sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui adalah minyak bumi, gas bumi, batu bara, barang tambang miineral dan barang tambang non mineral.
Beberapa contoh pemanfaatan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah:
a. Minyak bumi, gas alam, dan batu bara untuk bahan bakar
b. Barang tambang logam.
Barang tambang logam dimanfaatkan untuk adalah sebagai berikut:
a. Emas dan perak untuk bahan perhiasan
b. Alumunium untuk peralatan dapur , pembungkus makanan, dan badan pesawat.
c. Besi untuk tiang bangunan, pagar rumah dan lain-lain
d. Tembaga untuk bahan kawat dan kabel
e. Nikel untuk membuat campuran logam
f. Perunggu untuk membuat patung.
C. Barang Tambang Non-Logam
 Barang tambang non-logam dimanfaankan untuk:
1. Gipsum untuk bahan cat dan tembok 
2. Intan untuk perhiasan
3. Belerang untuk bahan obat-obatan
4. Grafit dan karbon untuk membuat pensil
5. Asbes untuk atap rumah
6. Aspal untuk pengerasan jalan

Sumber daya alam yang tidak dapat kita perbaharui adalah sumber daya yang tidak dapat kita hasilkan kembali setelah kita menggunakannya. sumber daya alam yang tidak dapat di perbharui ada yang kita dapat dihasilkan kembali namun membutuhkan waktu yang sangat lama contohnya antara lain sebagai berikut:
a. Sumber Daya Alam Mineral Logam
    Sumber daya alam yang termasuk mineral logam antara lain emas, perak, platina, besi, timah, nikel, tembaga, alumunium, dan mangan. Untuk mengambil sumber daya ini dilakukan dengan cara menambang. Oleh kerena itu sumber daya alam ini juga disebut barang tambang

b. Sumber Daya Alam Bukan Mineral Bukan Logam (Batu-batuan)
    Indonesia juga kaya dengan batu-batuan penunjang industri. Misalnya pasir kuarsa, batu kapur, marmer, kaolin, intan, mika, asbes, batu granit, bentonit atau abu bumi, belerang, tras, dan fosfat, batu-batuan ini dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan, prabot rumah tangga, kain, korek api, batu baterai dan pupuk.
c. Sumber Daya Energy
    Sumber daya energy adalah sumber daya alam  yang dapat dimanfaatkan sebagai penghasil tenaga atau bahan bakar. Sumber daya energy indonesia meliputi minyak bumi, gas alam, batu bara, panas bumi, dan tenaga surya. Indonesia merupakan Negara pengekspor sumber daya energi terutama minyak bumi dan gas alam, untuk mendapatkan minyak bumi, gas alam dan batu bara dilakukan pengeboran dan pertambangan.

Sumber daya alam yang tak dapatt di perbaharui adalah sumber daya alam yang tak dapat di pulihkan kembali setelah habis digunkan. Adapun sumber daya alam yang tak dapat di perbaharui antara lain minyak bumi, batu bara, timah, dan tembaga. Sumber daya tersebut dinamai bahan tambang(galian).

Sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui tidak dapat dimanfaatkan manusia dengan seenaknya, jika manusia mengambil sumber daya itu secara terus-menerus maka akan habis.
Manusia tidak dapat membudidayakan sumber daya alam itu kembali, oleh sebab itu manusia harus menggunakan sumbr daya alam yang tidak dapat diperbaharui itu dengan sebaik-baiknya dan sehemat-hematnya.




"TERIMA KASIH"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar